Jumat, 10 Mei 2013

Cara Membuat Pewangi Laundry

Anda yang mau usaha sendiri jualan parfum/pewangi laundry berikut bahan - bahan yang diperlukan :

Metanol 



Metanol, juga dikenal sebagai metil alkoholwood alcohol atau spiritus, adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH. Ia merupakan bentuk alkohol paling sederhana. Pada "keadaan atmosfer" ia berbentuk cairan yang ringan, mudah menguap, tidak berwarna, mudah terbakar, dan beracun dengan bau yang khas (berbau lebih ringan daripada etanol). metanol digunakan sebagai bahan pendingin anti beku, pelarut, bahan bakar dan sebagai bahan additif bagi etanol industri.
Metanol diproduksi secara alami oleh metabolisme anaerobik oleh bakteri. Hasil proses tersebut adalah uap metanol (dalam jumlah kecil) di udara. Setelah beberapa hari, uap metanol tersebut akan teroksidasi oleh oksigen dengan bantuan sinar matahari menjadi karbon dioksida dan air.
Reaksi kimia metanol yang terbakar di udara dan membentuk karbon dioksida dan air adalah sebagai berikut:
2 CH3OH + 3 O2 → 2 CO2 + 4 H2O
Api dari metanol biasanya tidak berwarna. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati bila berada dekat metanol yang terbakar untuk mencegah cedera akibat api yang tak terlihat.
Karena sifatnya yang beracun, metanol sering digunakan sebagai bahan additif bagi pembuatan alkohol untuk penggunaan industri; Penambahan "racun" ini akan menghindarkan industri dari pajak yang dapat dikenakan karena etanol merupakan bahan utama untuk minuman keras (minuman beralkohol). Metanol kadang juga disebut sebagai wood alcohol karena ia dahulu merupakan produk samping dari distilasi kayu. Saat ini metanol dihasilkan melului proses multi tahap. Secara singkat, gas alam dan uap air dibakar dalam tungku untuk membentuk gas hidrogen dan karbon monoksida; kemudian, gas hidrogen dan karbon monoksida ini bereaksi dalam tekanan tinggi dengan bantuan katalis untuk menghasilkan metanol. Tahap pembentukannya adalah endotermik dan tahap sintesisnya adalah eksotermik.

Bibit Pewangi/Parfum Laundry

Aturan Pakai
Bibit Pewangi laundry yang digunakan tergantung mau digunakan seberapa tahan wanginya. Misal harga bibit pewangi Laundry per liter Rp 400 ribu, kita bagi 400000/1000 = Rp 400 / cc. Untuk 1 Liter metanol kita hanya membutuhkan 10 - 15 cc tergantung kebutuhan dan mau dijual berapa, dan Harga metanol sekitar 8000-10000/ liter = Berarti hitungannya seperti ini 10 x 400 = 4000 + 8000 = 12000/liter. Jadi modal pembuatan parfum sekitar 12000/ liter. Jadi kita bisa menghitung misal mau dijual berapa parfum tersebut ke konsumen. itulah sedikit sharing ilmu, semoga bermanfaat dan berkah.
UNTUK TUTORIAL CARA MEMBUAT PARFUM LAUNDRY DAN CHEMICAL LAUNDRY

0 komentar:

Poskan Komentar